PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING TIPE MASTER TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA

  • Taufiq Hidayat Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Indonesia
  • Saihan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Indonesia
  • Lailatul Usriyah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Indonesia
Abstract views: 8 ,
Keywords: Accelerated Learning, Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam, Model Pembelajaran, Tipe MASTER

Abstract

Model pembelajaran tipe MASTER adalah salah satu model pembelajaran accelerated learning yang mengajarkan siswa untuk memahami bagaimana cara belajar dan cara berpikir kritis dan komprehensif dengan menggunakan langkah yaitu mind, acquire, search, triger, exhibit, dan reflect. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dalam penerapan model pembelajaran accelerated learning tipe MASTER terhadap hasil belajar sejarah kebudayaan Islam siswa kelas VIII di MTs Wahid Hasyim Kunir Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2022/2023. Adapun pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen sebenarnya (true experimental). Populasi dari penelitian ini adalah kelas VIII namun karena keterbatasan kondisi dan waktu maka sampel yang digunakan hanya kelas VIII A dan VIII B. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, observasi dan tes. Analisis data menggunakan uji-t. Sesuai dengan analisis data yang berdasarkan dari perhitungan uji t pada taraf sig. 0,05 (5%) dengan data yang dianalisis adalah beda skor hasil belajar antara kelas eksperimen (kelas VIII A) dan kelas kontrol (kelas VIII B). Perhitungan menunjukkan nilai thitung adalah 2,065 > t tabel 2,00758 yang artinya adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Ini menunjukkan ada pengaruh dalam penerapan model pembelajaran accelerated learning terhadap tingkat hasil belajar pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam siswa kelas VIII di MTs Wahid Hasyim Kunir Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2022/2023. Selain itu, dilakukan juga penghitungan keefektifan relatif (ER) yang menunjukkan nilai sebesar 38,57 % yang artinya bahwa pencapaian hasil belajar siswa dengan model pembelajaran accelerated learning 38,57 % lebih efektif daripada model pembelajaran ceramah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, D., Inayah, R., & Mardhiyana, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran MASTER Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep di SMAN 1 Doro. Jurnal LITBANG Kota Pekalongan, 16.
Diantari, N. K. I., Gading, I. K., & Bayu, G. W. (2021). Model Pembelajaran MASTER Berbantuan Media Mind Mapping dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar IPA. Indonesian Journal of Instruction, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887//iji.v2i2.44514
Fachrudin, Y., & Binamadani, S. (2023). ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM. Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 6(1).
Fajariah, M., & Suryo, D. (2020). Teacher’s Education for Character Education Proceedings of the 2nd International Conference on Social Science and Character Educations (ICoSSCE). Atlantis Press.
Hawadi, R. A. (2004). Akselerasi. Gramedia Widia Sarana.
Idris, M., Willya, E., Wekke, I., & Mokodenseho, S. (2020). Peace Resolution in Education and Application on Information and Communication Technology. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(6).
Mansir, F. (2021). Aktualisasi Pendidikan dan Sains dalam Character Building Siswa di Sekolah dan Madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2). https://doi.org/https://doi,org/10.18860/jpai.v7i2.11704
Meier, D. (2004). The Accelerated Learning Hand Book: Panduan Kreatif Dan Efektif Merancang Program Pendidikan Dan Pelatihan. Kaifa.
Sihombing, Y. Y. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Melalui Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Daring Pada Siswa. Journal of Education Action Research, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.29210/30031124000
Published
2024-04-28
How to Cite
Hidayat, T., Saihan, & Usriyah, L. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING TIPE MASTER TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA. LINGUA : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 21(1), 125-133. https://doi.org/10.30957/lingua.v21i1.924
Section
Articles