KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALIM (STUDI PEMIKIRAN KH. KHASYIM ASY-ARI) DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL

  • Moh. Nurul Anam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Indonesia
  • Mukni’ah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Indonesia
  • Saihan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Indonesia
Abstract views: 27 , PDF downloads: 29
Keywords: kitab adabul alim wal muta’alim, konsep pendidikan akhlak, relevansi pendidikan di era digital

Abstract

Pendidikan merupakan faktor yaang sangat penting dalam kehidupan manusia. Tujuan utama pendidikan dalam Islam adalah pembentukan akhlak sehingga anak didik menjadi orang yang bermoral, berjiwa bersih, memiliki kemauan yang keras, cita-cita yang benar, mengetahui kewajiban dan melaksanakannya dengan selalu mengingat Allah SWT dalam setiap perbuatannya. Tujuan penelitian ini sebagai berikut: 1. Menganalisis pendidikan akhlak yang terkadung dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim 2. Menganalisis relevansi pendidikan Pendidikan Akhlak perspektif KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’llim dengan Pendidikan di era digital. Metode penelitian kepustakaan (library research) yaitu penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literature (kepustakaan), membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian baik berupa buku, catatan, jurnal, dan internet. Menurut penulis, relevansinya nilai pendidikan akhlak dalam kitab adabul alim dengan program merdeka belajar ialah meliputi: 1) Efisiensi waktu pembelajaran, 2) Menilai kompetensi siswa, 3) Survei karakter siswa dan pengembangan literasi, 4) Kompetensi guru dalam mengajar, 5) Pembentukan pribadi guru sebagai pembelajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asy’ari, K. H. (2018). Adab al-Alim wal Muta’allim fi Ma Yajibu ilaihi al-Muta’allim fi Ahwali Ta’limihi wa Ma Yatawaqafu alaihi al-Mu’allim fi Maqamati Ta’limihi. Pustaka Tebuireng.
Dapertemen Agama RI. (2015). Al-Qur’an Terjemahan. CV Darus Sunnah.
Hamid, H., & Saebani, B. A. (2013). Pendidikan Karakter Persoektif Islam. CV Pustaka Setia.
Ilyas, Y. (1999). Kuliah Akhlak. Pustaka Belajar Offest.
Nurseha, M., Shobron, S., & Ali, M. (2019). Nilai–Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kitab Al-Adab Al-Mufrad Karya Al-Imam Abu Abdillah Muhammad Ibn Ismail Al-Bukhari. Profetika: Jurnal Studi Islam, 20(2).
Published
2024-04-28
How to Cite
Anam, M. N., Mukni’ah, & Saihan. (2024). KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALIM (STUDI PEMIKIRAN KH. KHASYIM ASY-ARI) DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL. LINGUA : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 21(1), 119-124. https://doi.org/10.30957/lingua.v21i1.923
Section
Articles