Latar Belakang Penamaan Kelurahan di Dua Kecamatan di Medan Sumatra Utara: Kajian Antropolinguistik

  • Raees Narhan Universitas Sumatera Utara
  • Tasnim Lubis
Abstract views: 172 , pdf downloads: 155
Keywords: antropolinguisti; medan; penamaan kelurahan; toponimi

Abstract

Latar belakang penamaan kelurahan di dua kecamatan di Medan Sumatra Utara di daerah yang memiliki keterkaitan dengan budaya, bahasa, dan kognisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui asal mula penamaan kelurahan di dua kecamatan di Medan Sumatra Utara dengan menemukan alasan dan keterkaitan antara budaya, bahasa dan pikiran yang merefleksikan nama jalan yang ada pada kecamatan tersebut. penamaan kelurahan di dua kecamatan di Medan Sumatra Utara dapat dikategorikan berdasarkan bentuk dasarnya, proses morfologis yang menyebabkan terbentuknya, dan signifikansinya. Subjek penelitian ini adalah kelurahan Asam Kumbang, Sunggal, dan kelurahan Kampung Lalang. Pengumpulan data dengan melakukan interview dan wawancara pada kelurahan daerah, datuk keturunan Datuk Badiuzzaman dan pada masyarakat sekitar dan teknik lanjutan yaitu teknik cakap semuka, teknik rekam, dan teknik catat.  Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan Antropolinguistik dan diteliti secara deskriptif kualitatif dengan metode penyajian data informal digunakan untuk mengolah dan menyajikan data yang diharapkan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Setiawa, Apri. Kajian Semantik Penamaan Knalpot Motor Lokal di. Kabupaten Purbalingga”. 2018

Pulung Sumantri Rani Hartati Br. Siringo-Ringo. Sejarah Pemukiman Di Kampung Lalang Kota Medan. 2019
Pemerintah Kota Medan. Sejarah Kota Medan. (2012). Medan : Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Medan

Pemerintah Kota Medan. Sejarah Terbentuknya Medan Sunggal. Medan

Satrio, Satrio; Usman, Fajri & Oktavianus, Octavianus. (2021). Penamaan Perahu di Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan: Sebuah Kajian Antropolinguistik. Lingua (2021), 18(1), 138-161. DOI: 10.30957/lingua.v18i1.686.

L. Prima Pandu Pertiwi dkk, Toponimi Nama-Nama Desa di Kabupaten Ponorogo (Kajian Antropolinguistik).2020
Mahabbatul Camalia. Toponimi Kabupaten Lamongan (Kajian Antropologi Linguistik). 2015

Prihadi Prihadi, Ari Listiyorini. Latar Belakang Aspek Kehidupan pada Sistem Penamaan Jalan di Kota Yogyakarta: Kajian Antropolinguistik LITERA, Volume 19, Nomor 1, Maret 2020

Istiana. BENTUK DAN MAKNA NAMA-NAMA KAMPUNG DI KECAMATAN KOTAGEDE. 2012

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik analisis Bahasa Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistik. Yogjakarta: Duta Wacana University Press

Kosasih, Dede. 2010. “Kosmologi Sistem Nama Diri (Antroponim) Masyarakat Sunda”. Seminar Internasional Hari Bahasa Ibu, hlm. 33-38.

Sudaryanto. 1988. Metode Linguistik Bagian Pertama ke Arah Memahami Metode Linguistik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Sibarani, Robert dan Henry Guntur Tarigan (penyunting). 1993. Makna Nama dalam Bahasa Nusantara: Sebuah Kajian Antropolinguistik. Bandung: Bumi Siliwangi.

Sudaryat, Yayat dkk. 2009. Toponimi Jawa Barat (Berdasarkan Cerita Rakyat). Bandung: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Propinsi Jawa Barat.
Published
2023-09-12
How to Cite
Raees Narhan, & Tasnim Lubis. (2023). Latar Belakang Penamaan Kelurahan di Dua Kecamatan di Medan Sumatra Utara: Kajian Antropolinguistik. LINGUA : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 20(2), 309-318. https://doi.org/10.30957/lingua.v20i2.821
Section
Articles